Breaking News

Bahaya, 9 Tips Ini Harus Diterapkan Dalam Membuat Password (Kata sandi)

Sudah aman kah password milik anda?
bacalah 9 tips berikut ini  dan jika anda merasa belum pernah menerapkan tips berikut maka anda harus cepat dan segera menerapkannya, kenapa? ya jelas untuk keamanan akun anda baik password wifi ataupun password akun media sosial, game menjadi aman, sehingga tidak mudah untuk diretas.

9 Tips Yang Harus Diterapkan :

1.Jangan Membuat Password Pasaran !

Anda harus menghindari pembuatan kata sandi yang sudah umum digunakan orang lain (pasaran). Dengan membuat password pasaran itu artinya kita telah memberikan peluang besar terhadap orang lain untuk membobol akun pribadi kita. Seperti apakah contohnya password pasaran? Contohnya untuk password WordPress secara default adalah “admin”, maka jika Anda seorang WordPresser tentunya jangan sekali-kali menggunakan password ini. Atau misal lagi karena Anda tidak mau membuat password yang sulit maka Anda membuat password akun dengan deretan angka 1 sampai dengan 9 saja (123456789).

2.Jangan Menggunakan B.Inggris !

Apakah membuat password dengan kata-kata Bahasa Ingrris sudah benar-benar aman? Sama sekali tidak aman jika kata sandi yang kita buat menggunakan kata Bahasa Inggris. Hacker akan meneliti password akun seseorang dengan metode Dictionary Attack Atau Bruteforce, artinya dia akan mencoba mengacak kata yang bersumber dari kata Bahasa Inggris. Hindari membuat kata sandi dengan kata Bahasa Inggris populer seperti ILoveYou, IMissYou, GoodBye, GoodMorning, Thankyou, dan sebagainya.

3.Jangan Membuat Password Yang Singkat !

Password panjang diasumsikan akan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Maka dari itu agar password akun Anda sangat kuat maka buatlah password yang panjang. Semakin panjang password yang Anda buat maka akan semakin sulit hacker untuk meretas akun Anda. Minimal password yang dibuat memiliki 8 karakter dan maksimal sebanyak 16 karakter. Jika memungkinkan lebih banyak lagi lebih baik asal Anda ingat saja sama password tersebut.


4.Kolaborasikan Huruf Kecil Besar Angka Dan Simbol !

Untuk menghindari metode Dictionary Attack ketika hacker mencoba untuk meretas akun pribadi kita maka buatlah password berdasarkan kombinasi angka, huruf, dan karakter khusus. Jika Anda membuat password berdasarkan huruf biasa saja maka akan sedikit pilihan dalam mengkombinasikannya. Karena jumlah huruf biasa ini hanya 26 karakter saja. Berbeda jika Anda menggunakan semua karakter yang ada dalam keyboard, yakni memiliki 95 huruf. Anda dapat leluasa dalam membuat kata sandi jika dasarnya dari campuran angka, huruf, dan karakter. Coba Anda bayangkan jika password seperti ini : 381dPdSK#1@2bC tentunya itu akan sangat sulit orang lain tebak.


5.Jangan Menggunakan Tanggal Lahir !

Ketika kita dihadapkan dalam membuat password ketika membuat akun di internet biasanya akan pusing sendiri. Parahnya lagi ujung-ujungnya kita menentukan password berdasarkan tanggal lahir saja. Memang sangat mudah diingat oleh kita password tanggal lahir ini, namun sangat mudah juga orang lain membobol akun pribadi kita. Untuk mengetahui tanggal lahir seseorang biasanya bukan termasuk hal yang sulit. Untuk itu hindarilah password menggunakan tanggal lahir apapun alasannya.


6.Jangan Menggunakan Nama Orang Terdekat !

Kebiasaan buruk lainnya adalah password dibuat menggunakan nama orang terdekat, seperti : nama ayah, nama ibu, nama suami, nama istri, dan sebagainya. Orang-orang terdekat seperti teman kita apakah sudah kenal betul dengan nama-nama terdekat disekitar kita? Tidak menutup kemungkinan juga jika kejadian akun diretas pelakunya adalah teman-teman terdekat kita. Oleh sebab itu stop membuat password berdasarkan nama orang terdekat.


7.Matikan Fitur Pengingat Password Pada Browser !

Setiap browser masa kini akan dilengkapi dengan fitur Remember Password, artinya jika kita mengaktifkan fitur itu maka ketika akan masuk akun yang sama prosesnya lebih cepat lagi. Fitur Remember Password memungkinkan kita untuk bisa menyimpan password didalam cache dan history browser. Berbahaya jika kita menggunakan opsi browser ini. Banyak hacker yang akan memanfaatkan opsi ini untuk membobol password seseorang.


8.Selalu Ganti Password Secara Berkala !

Jangan malas untuk mengganti password akun pribadi Anda! Saya rasa kurang dari 1 menit untuk mengubah password. Lakukan perubahan password minimal satu bulan sekali maksimal seminggu sekali. Apalagi jika akun Anda sudah dicurigai kalau ada orang lain yang mengetahuinya, maka segeralah untuk mengganti password dengan yang baru.


9.Jangan Menggunakan Password Yang Sama Pada Setiap Akun !

Jangan membiasakan diri membuat password yang sama untuk seluruh akun Anda di internet. Hal-hal yang Anda anggap kurang penting seperti Facebook, Twitter, Instagram, boleh saja passwordnya disamakan dengan alasannya takut lupa nantinya. Namun saya sarankan untuk akun penting seperti email, blog, perbankan, dan sebagainya maka buatlah password berbeda dan belum pernah digunakan di akun manapun.


Jika anda telah menerapkan tips diatas saya jamin password anda akan aman dari Dictionary Attack atau Bruteforce