Breaking News

Di Level Manakah Anda? 8 Level Konsentrasi Berpikir Dalam Berbagai Situasi Dan Kondisi

Salam PDSK
udah pada tahu belum di level atau jenjang manakah tingkat konsentrasi anda, ayok di cek dulu,

  1. Konsentrasi berpikir level satu : Pikiran kosong.

    Sadar atau tidak pikiran yang masih/ senantiasa kosong menandakan minimnya kesadaran seorang manusia. Sama seperti balita dan anak-anak anda yang masih kecil. Hampir dapat dikatakan bahwa mereka kurang sadar dalam berekspresi sehingga sering melakukan ketelodoran/ kekhilafan dalam kesehariannya. Jika saat ini pikiran anda masih kebanyakan kosong niscaya kehidupan andapun masih kurang efektif dan efisien.
  2. Konsentrasi pikiran level dua : Mampu berkonsentrasi di saat situasi sedang tenang dan hening.

    Kebanyakan teman-teman kami mampu melakukan hal ini. Tidak susah berpikir dalam situasi yang hening dan tenang. Sebab indra yang tidak terganggu mampu mengkonsentrasikan pikiran pada hal-hal tertentu saja. Semua orang bahkan kami sendiripun merasa bahwa situasi seperti ini adalah keadaan yang paling nyaman untuk tidur bukan berpikir.
  3. Konsentrasi berpikir level tiga : Kemampuan untuk berkonsentrasi di saat gangguan awam terjadi.

    Kita tidak sendiri dalam hidup ini bahkan di rumah sendiripun tidak, setidaknya ada beberapa anggota keluarga yang menemani anda. Ditambah lagi ketika rumah anda berada dipinggiran hutan yang asri dan sejuk. Dimana disana ada berbagai-bagai suara hewan diantaranya adalah jengkrik, ayam, burung, katak/ kodok dan lain sebagainya. Semuanya itu terkesan sayup tapi merdu ditelinga anda sehingga dapat memberikan sensasi rasa tenang seketika. Ditengah semua suara nan merdu dan sayup itupun kita masih dapat berkonsentrasi untuk berpikir.
  4. Konsentrasi pikiran level empat : Suasana musik & suara keras yang ditelinga.

    Kerap kali dalam hidup ini, kita diperhadapkan dengan suara lain dan musik yang agak keras di telinga. Bila dipikir matang-matang semuanya itu dapat mengganggu konsentrasi berpikir. Ada juga banyak suara di luar sana yang lumayan bising/ berisik. Diantaranya adalah suara knalpot bising, teriakan orang lain, suara truk menggelegar dan suara-suara lainnya yang saat pertama lumayan mengejutkan. Jika anda mampu berkonsentrasi pada saat-saat seperti ini berarti anda sudah mencapai tingkatan yang lebih baik dari sebelumnya.
  5. Konsentrasi berpikir evel lima : Keadaan riuh dalam keramaian.

    Dalam karamaian manusia yang berisik, mampukah anda untuk tetap berkonsentrasi pada hal-hal tertentu saja? Jika tidak terlatih niscaya banyaknya bibir yang terbuka akan melemahkanmu. Saat pikiran senantiasa mampu berkonsentrasi dalam situasi ini, artinya anda adalah seorang yang mampu bertahan saat dikeroyok oleh orang lain.
  6. Konsentrasi pikiran level enam : Situasi yang tidak bersahabat – kacau-balau.

    Bila diperhatikan dengan seksama, terdapat banyak keadaan yang mungkin mendatangkan gangguang berat dalam hidup ini. Diantaranya adalah saat teman-teman terlibat cek-cok dengan orang lain, ketika tetangga terlibat adu mulut dengan tetangga yang lain, saat beberapa orang sedang bercakap-cakap dengan nada yang tinggi dan lain sebagainya. Jika anda masih mampu mengkonsentrasikan pikiran dalam situasi yang berat ini artinya kehidupan anda sudah lebih baik.
  7. Konsentrasi berpikir level tujuh : Dalam keadaan tertekan/ bermasalah/ dalam pergumulan hidup.

    Saat anda bermasalah dengan orang lain lalu ia melampiaskan amarahnya yang penuh kata-kata kasar dan keras kepada anda. Masih mampukah anda untuk tetap menahan diri, menahan bibir dan menahan sikap? Dalam situasi genting orang menyudutkan dan merendahkan anda, masih dapatkah anda tetap diam dan menjawab dengan ramah semua pertanyaannya? Jika anda masih mampu bersabar dalam diam yang ramah menghadapi berbagai cobaan dan ujian hidup berarti anda hampir mencapai level tertinggi.
  8. Konsentrasi pikiran level delapan : Saat berada di bawah titik nadir kehidupan.

    Ini adalah ujian terberat dalam kehidupan anda. Istilah kata orang tua zaman dulu “udah jatuh, tertmpa tangga pula”. Dalam posisi yang paling sial apakah anda masih mampu berkonsentrasi untuk tetap mengeluarkan kebaikan itu? Atau malah terang anda meredup, pudar bahkan hampir padam? Saat masih berada dalam keadaan yang sangat sukar namun masih mampu berkonsentrasi untuk mengekspresikan hal-hal yang positif artinya anda berada dalam posisi tertinggi dalam berkonsentrasi


jadi di level manakah anda?
Selamat ya buat yang udah nyampe level 8 :).
tapi yang masih di level rendah jangan nyerah ya, terus tingkatkan level mu, tentunya dengan bersunguh sungguh, sabar, dan tawakal.
Semangat Semangat Semangat Bos
semoga bermanfaat.