Breaking News

Mengenal Web Server

Untuk menjalankan bahasa pemograman php Anda membutuhkan web server. Untuk penjelasan mengenai apa itu web server anda dapat membaca pada penjelasan berikut ini.

Pengertian Web Server

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Ilustrasi Web Server

Jenis-Jenis Web Server

Setelah Anda memahami pengertian dan fungsi Web Server sekarang Anda akan dijelaskan beberapa jenis Web Server yang terkenal. Jenis-jenis Web Server tersebut antara lain : Apache web server, Apache Tomcat, IIS, Light HTTP, Jigsaw, Sun Java System web server, Xitami web server, Zerus web server.Berikut ini saya akan jelaskan sebagian dari Web Server yang sering dipakai pengguna pada umumnya.

Apache Web Server

Apache (Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache) adalah Web Server yang dapat dijalankan di banyak sistim operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilistas web/www ini menggunakan  HTTP. Dengan Apache Anda dapat membangun server web pribadi untuk membuat website.

Logo Apache

IIS (Internet Information Services)

IIS (Internet Information Services) adalah sebuah HTTP Web Server yang digunakan dalam sistim operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform internet dan intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

Logo IIS

Apache Tomcat

Apache Tomcat merupakan server atau JSP Container yang dibuat oleh Apache Software Fondation. Container ini bisa dibilang merupakan server untuk membaca bahasa pemograman web JSP (JavaServerPages).
Logo Apache Tomcat
Jika bahasa pemograman web PHP menggunakan Apache sebagai service servernya, maka di JSP menggunakan Tomcat ini sebagai service servernya.

Instalasi Web Server

pada bagian ini Anda akan masuk dalam tahap pembuatan web server local atau offline dalam komputer anda. Untuk web server yang digunakan yaitu Apache Web Server.

Untuk mempermudah dalam proses belajar kita akan menggunakan program Xampp. Xampp adalah program yang berisi paket Apache, MySQL, dan phpMyAdmin. Anda dapat mendownload program ini pada link ini .
Halaman Download Xampp
Adapun langkah- langkah untuk menginstal program Xampp pada komputer anda sebagai berikut.

1.Next

2.Pilih komponen lalu next

3.Atur lokasi Xampp akan disimpan lalu next

4.Hilangkan saja centang jika anda tidak ingin mempelajari lebih lanjut tentang Bitnami lalu next

5.Xampp telah siap untuk di install, next

6.Tunggu proses hingga selesai

7.Jika Firewall anda aktif maka akan muncul Form Security Alert centang seperti pada gambar lalu klik allow access

8.Next 

9.Pilih bahasa lalu klik Save

10.klik start pada service yang ingin anda jalankan dan jika berhasil maka akan tampak seperti pada gambar.

MySQL dan phpMyAdmin

MySQL adalah database yang menghubungkan script php menggunakan perintah query dan escaps character yang sama dengan php. MySQL mempunyai tampilan client yang mempermudah anda dalam mengakses database dengan kata sandi untuk mengijinkan proses yang bisa anda lakukan.
Logo MySQL
phpMyadmin adalah sebuah software yang berbentuk seperti halaman situs yang terdapat pada web  server.
Logo phpMyadmin
Fungsi dari halaman ini adalah sebagai pengendali database MySQL sehingga pengguna MySQL tidak perlu repot untuk menggnakan perintah-perintah SQL. Karena adanya halaman ini semua hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan meng-klik menu fungsi yang ada pada halaman phpMyadmin.

Untuk membuka halaman phpMyadmin Anda ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini.

1.Terlebih dahulu Anda buka web browser yang ada pada komputer.
2.Kemudian pada kotak address. Anda ketik localhost/phpMyadmin , lalu tekan Enter pada keyboard. Lihat gambar di bawah ini.
Membuka phpMyadmin pada browser
3.Jika langkah diatas berhasil maka akan tampil halaman phpMyadmin seperti gambar dibawah ini.
Halaman phpMyadmin
4.Anda dapat memilih bahasa yang digunakan pada halaman phpMyadmin.Caranya pada bagian Bahasa - Language, Anda ganti bahasa bahasa yang anda inginkan
Mengganti Bahasa yang digunakan

Membuat Database

Sekarang Anda akan membuat database pada MySQL, yang digunakan untuk menampung data-data yang dibutuhkan dalam membuat website Dinamis. 

1.Buka halaman phpMyAdmin
2.Untuk membuat database baru, caranya Anda klik menu Basis data, lalu pada kotak teks Buat basis Data ketik nama database yang ingin dibuat setelah itu klik tombol Buat.

3.Apabila pembuatan database berhasil maka akan terdapat database baru pada phpMyAdmin

sampai disini dulu, dalam waktu dekat akan saya tambah lagi untuk bagian membuat tabelnya, sementara menunggu update postingan ini bagi yang tidak sabar dianjurkan untuk berexperimen sendiri dulu.